MAHASISWA MENGERJAKAN TUGAS NIRMANA

DSC_3375 DSC_3323 DSC_3327  DSC_3345DSC_3335DSC_3363
Sebagai mahasiswa ASDI, pelajaran pertama dalam berkreatifitas pasti dimulai dengan membuat karya nirmana. Mata kuliah ini bertujuan untuk melatih kemampuan mahasiswa berkreasi menyatukan bentuk-bentuk, garis serta bidang menjadi satu kesatuan yang menciptakan suatu visual yang indah dan menarik. Untuk itu perlu kita ketahui apa pengertian nirmana. Nirmana merupakan suatu pengorganisasian atau penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang serta tekstur untuk menjadi satu kesatuan yang harmonis. Nirmana juga dapat diartikan sebagai suatu hasil angan-angan dalam bentuk dwimatra(2D), trimatra(3D) yang harus mempunyai nilai keindahan. Nirmana sering juga disebut dengan nama ilmu tatarupa. Jika kita telah lebih jauh, nirmana mirip dengan Tipografi (ilmu huruf) yaitu tentang mengorganisasikan sesuatu untuk mencapai kualitas artistik pada sebuah karya seni atau desain. nirmana berbicara tentang harmoni, keselarasan soal rasa, dan impresi pada sebuah bentuk. nirmana tidak hanya mencakup 2 dan 3 dimensi saja melainkan menjelajah sebuah ruang yang disebut dengan ruang maya. Sedangkan Dwimatra berarti dua matra, yaitu panjang dan lebar, membentuk bidang datar, tidak memiliki tinggi/ kedalaman/ ketebalan. Ada kedalamannya tetapi hanya maya/ tidak nyata / abstrak. Sedangkan Trimatra yaitu bentuk yang memiliki panjang, lebar serta ketebalan sehingga biasa disebut juga dengan tiga dimensi. Ada beberapa macam teknik dalam menciptakan sebuah dwimatra ataupun trimatra. Teknik-teknik tersebut dengan memadupadankan unsur rupa, unsur pertalian dan unsur ragang. Adapun istilah dalam merancang timatra yaitu bentuk, racana, gatra, perulangan dan roncet.